Wednesday, August 3, 2016

Kenali Lebih Dalam Penyakit Jantung - Pembunuh Utama 30% Populasi Dunia

Jantung merupakan organ kecil berdiameter 10cm sampai 12cm yang terdapat dalam rongga dada. Meskipun kecil, namun Jantung adalah organ yang sangat penting dan vital bagi tubuh. Berfungsi menyalurkan darah(yang mengandung oksigen dan nutrisi) keseluruh tubuh. Frekuensi detak jantung adalah rata-rata 70 kontraksi per menit, dan terus bekerja tanpa istirahat seumur hidup kita.


Namun berapa banyak dari penduduk Indonesia yang sadar akan 'Perawatan' dan sadar akan penyakit yang melanda organ penting ini? Menurut penelitian, hanya 20% dari populasi penduduk Indonesia yang sadar akan pentingnya organ ini, dan sadar pentingnya merawat Jantung.

Penyakit jantung telah menjadi peringkat tertinggi sebagai penyebab kematian, yaitu 30% dari populasi DUNIA. Dan terjadi hampir seperti 'Silent Killer', biarpun jika diteliti, terdapat gejala yang jelas, hanya saja diabaikan.
Beberapa tokoh penting juga tak lepas dari penyakit jantung. Seperti :
- Mao Ze Dong : Pemimpin partai komunis China yang dianggap The Founder of China, meninggal pada 9 September 1976.
- Elvis Presly, penyanyi legendaris music Rock n Roll pada era 50an, meninggal pada 17 Agustus 1977
- Adjie Massaid, seorang aktor dan politikus terkenal dalam negeri ini, meninggal pada 5 Februari 2011.
- Mike Mohede, penyanyi terkenal yang menjadi juara Indonesia Idol ini, meninggal pada 31 July 2016.
- Dan masih banyak lagi.

Penyebab penyakit jantung :
1. Demam Rematik Akut (DRA), yang disebabkan kelainan jantung berupa radang pada berbagai lapisan dinding rongga jantung dan katup jantung.
2. Infeksi kuman Virulent, menyebar melalui peredaran darah dan menyerang otak, jantung, ginjal, dan lainnya.
3. Penyakit Jantung Bawaan, yaitu Terganggunya perkembangan jantung mulai dari sang Bayi pada trimester pertama pada masa kehamilan.
4. Penyakit Jantung Hipertensif, yaitu pembesaran jantung kiri akibat tekanan darah yang meningkat secara terus-terusan.
5. Penyakit Jantung akibat kurangnya Karbon-dioksida. Dimulai dari Anemia, Kelenjar Gondok yang terlalu aktif, penyakit paru-paru akut, dan lainnya.
6. Kelainan Jantung lainnya, seperti Pengerasan Dinding Jantung, Peradangan dinding jantung, Keracunan, dan lainnya.



Gejala Penyakit Jantung, sangat penting sebagai tanda-tanda dan perlu diperhatikan jika terjadi, segera konsultasikan ke dokter.
- Nyeri di dada dan menyebar dan menjalar.
- Terasa tekanan pada dada.
- Sesak napas dan letih yang berlebihan.
- Pingsan.

Selain gejala diatas, penyakit jantung juga bisa membunuh tanpa gejala, yaitu jika penggunaan otot jantung yang berlebihan untuk memompa, biasa terjadi pada atlet yang memaksakan kerja jantung, baik secara alami maupun dengan obat.

Penyebab utama Penyakit Jantung :
1. Pola makan yang salah.
2. Hipertensi.
3. Rokok dan Alkohol yang berlebihan.
4. Kolestrol yang menyebabkan menyempitnya pembuluh darah sehingga jantung perlu kerja keras.
5. Kurang istirahat atau tidur. Menyebabkan ritme jantung tidak beraturan.
6. Olahraga berlebihan atau Kurang olahraga, menyebabnya kurang terlatihnya otot jantung, ataupun letihnya otot jantung yang dipaksa terus menerus.
7. Stress yang tinggi.
Dan lainnya.


Cara mencegahnya pun terbilang cukup rumit, karena sebagian besar dari Makanan yang sering kita konsumsi seperti kurangi garam, kecap asin, santan, mentega, daging merah, keju, makanan kaleng dan junk food, bakar-bakaran, gorengan, ikan asin, pengawet,  dan lain lain.


Di sisi lain, juga cukup mudah untuk mencegahnya, yaitu kurangi daging merah, dan perbanyak sayur hijau dan daging ikan. Selain itu juga diwajibkan untuk perbanyak minum air putih.

Makanan yang sangat baik untuk kesehatan Jantung :
1. Kacang-kacangan.
Sangat disarankan untuk makan segenggam kacang per hari, dikarenakan kacang mengandung lemak baik dan protein yang menyehatkan. Selain itu, kandungan flavonoid dan antioksidan alaminya dapat menurunkan kemungkinan terkena gangguan jantung hinggai 60%. Jenis kacang terbaik adalah kacang kenari karena mengandung Omega-3. Namun kacang lain juga baik untuk kesehatan Anda. Hanya saja, DILARANG KERAS mengkonsumsi kacang yang sudah di goreng. Karena proses penggorengan dapat menyerap dengan mudah kedalam kacang. Minyak jenuhnya akan sangat mudah masuk kedalam tubuh melalu penggorengan.

2. Minyak Zaitun.
Berfungsi sebbagai pelumas dalam tubuh yang sehat. Mengandung kolestrol baik dalam tubuh yang berfungsi membersihkan pembuluh darah dari kotoran.

3. Ikan.
Pada penderita penyakit apapun, mayoritas disarankan untuk mengkonsumsi ikan minimal 3 kali per minggu. Ikan salmon dan ikan putih lainnya mengandung omega-3 yang dapat menstabilkan fungsi jantung hingga 50% ,dan mengurangi resiko penggumpalan darah dalam tubuh.

4. Perbanyak zat Flavonoid.
Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan anti-peradangan yang sangat ampuh. Terdapat banyak dalam kacang-kacangan, teh hijau, anggur merah, jus jeruk alami, bawang merah, dan tomat.


Selain itu, rutinlah melakukan pemeriksaan jantung Anda. Rajin berolahraga, perbaiki pola makan dan istirahat, hindari rokok dan alkohol, istirahat yang cukup dan kurangi stress, adalah cara paling ampuh terhindar dari Pembunuh maut bernama Penyakit Jantung ini.





Keep Healthy and Keep Share!


By :


Klinik Sinshe Phan, Spesialis Tumor, Kanker, Liver, dan berbagai penyakit dalam.
Alamat : Bandung, Ruko Mall Trade Center (MTC) Blok D no. 9.
Jakarta, Perumahan Gading Arcadia blok Q no. 51-52.
Contact : 
Jakarta = 021-4606572, 021-4606573, 021-4606576. 
Bandung = 022-7537677. 022-7537677
Pin BB(Khusus konsultasi) : 2B1D8333
Whatsapp (Only) = 081312755519

No comments:

Post a Comment