Tuesday, June 7, 2016

Yoga - Untuk Detox dan Relaksasi

Di jaman yang serba sibuk seperti sekarang ini, olahraga Yoga telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat di dunia.



Pada prinsipnya, yoga bermanfaat memperbaiki postur tubuh (Asana / Olah Postur), yang dapat meredakan efek Withdrawl Symptoms saat melakukan detoksifikasi. 


Secara umum, gerakan Yoga mencakup :

1. Forward Bending
Berfungsi menempatkan Posisi Jantung yang sejajar dengan tanah, memberikan efek gravitasi berbeda, sehingga mampu menstabilkan kerja jantung.

2. Supported Back Bending
Merenggangkan rongga dada serta perut, sehingga mampu meningkatkan kinerja paru-paru. Hal ini dapat memaksimalkan oksigen yang masuk ke tubuh yang memberikan sensasi relaks dan nyaman.

3. Twisting
Berfungsi memelintir tulang punggung yang memberi sensasi pijatan sekaligus memberikan koreksi terhadap struktur tulang punggung. Hal ini sangat membantu program detoksifikasi karena mampu melancarkan peredaran darah bagi sebagian besar area tubuh.

4. Relaksasi
Yoga Asana memang difokuskan untuk keperluan relaksasi tubuh karena gerakan-gerakannya yang aman dan nyaman bagi tubuh.


Gerakan Yoga yang berfungsi untuk Detoksifikasi :
  • Ardha Uttanasana
Memberikan efek tenang, mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik. Juga mampu meredakan rasa sakit kepala.


  • Paschimottanasana
Tekanan pada dahi mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang berfungsi menimbulkan efek relaksasi dan meredakan sakit kepala. Gerakan ini juga menstimulasi kerja organ sistem pencernaan.


  • Janu sirsasana
Memiliki efek yang sama seperti Paschimotanasana, yaitu menimbulkan efek relaksasi, meredakan sakit kepala, dan menstimulasi kerja organ sistem pencernaan.


  • Bharadvajasana
Memutar ruas-ruas tulang punggung secara efektif, memperbaiki struktur sekaligus menstimulasi sistem saraf, memberikan sensasi seperti pijatan. Gerakan tersebut memperbanyak aliran darah dan menstimulasi kerja organ rongga perut.


  • Setu Bandha Sarvangasana
Mampu memberikan sensasi pasif pada otak, meredakan beban kerja adrenalin, membantu fungsi pernafasan dan pencernaan, juga memperbaiki metabolisme tubuh.


  • Viparita Karani
Memberikan efek terapikal instan, relaksasi, dan membantu membawa darah kembali ke jantung.


  • Adho Mukha Virasana
Berfungsi menenangkan pikiran, menstabilkan tekanan darah, menstimulus sistem parasimpatetik, meningkatkan fungsi organ reproduksi.


  • Suptha Baddha Konasana
Memperbaiki sistem metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja paru-paru secara signifikan, Menstimulasi organ pencernaan dan alat reproduksi.


  • Savasana
Gerakan ini bisa disebut sebagai gerakan penutup dan gerakan merangkum dari gerakan-gerakan sebelumnya. Menimbulkan efek relaksasi yang luar biasa.



Dengan melakukan gerakan-gerakan ringan dari yoga tersebut, bahkan pasien yang sedang sakit pun dapat melakukannya sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan. 

Gerakan tersebut dapat memperbaiki postur, sistem, dan metabolisme tubuh, yang menghasilkan tubuh dapat aktif secara optimal, membuat tubuh kita secara alami membuang sisa racun pada tubuh kita melalui keringat, urin, dan kotoran.

Progam Detoksifikasi sangat dianjurkan dalam segala kondisi, baik sehat maupun sakit. Racun, kotoran, dan virus merupakan sumber penyakit utama. Tentunya dengan rutin membuang racun atau melakukan program detoks, akan menjauhkan tubuh kita dari segala penyakit dan menjaga agar tetap sehat. Bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Tetap terapkan gaya hidup sehat, dan Semoga bermanfaat! :)

No comments:

Post a Comment