Sunday, May 29, 2016

Sehat alami - Waktu mengkonsumsi makanan agar lebih optimal.

Banyak orang yang bingung mau makan sehat tapi takut gendut. Dan banyak mitos yang beredar membuat bingung.
Sekarang, kami akan membagikan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi makanan agar lebih optimal untuk tubuh dan juga ngak bikin gendut lho :).


1. Coklat Hitam : Pagi hari.
 Fungsi : + Membantu menjaga kesehatan jantung agar lebih stabil.
              + Memperlambat Penuaan.

Coklat hitam memang terkenal untuk kesehatan jantung. Memang lebih banyak orang yang lebih suka coklat susu, namun coklat susu mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga lebih cepat membuat penumpukan lemak.
Disarankan coklat hitam yang berkadar >50%, Lebih bagus jika >70%.
Coklat hitam juga bisa untuk memperbaiki mood lho. Karena dapat merangsang fungsi otak.

2. Nasi : Pagi hari.
Fungsi : + Menambah supply energi untuk keseharian dengan lebih efektif dan maksimal.

Banyak orang-orang yang diet dengan tidak mengkonsumsi nasi. Namun jika di konsumsi di pagi hari, akan memberikan tenaga untuk seharian. Juga tidak akan bikin gendut lho, karena sehari-hari tubuh kita membutuhkan tenaga untuk beraktifitas, dan untuk menghasilkan tenaga, tentu tubuh butuh karbohidrat untuk di bakar.


3. Pasta : Sebelum jam 12 siang.
Fungsi : + Mengeluarkan racun atau toxic dari tubuh.

Pasta yang sering jadi makanan utama masakan western ini, tidak disangka cukup efektif dalam mengeluarkan racun dalam tubuh. Tapi harus di masak dengan benar dengan suhu yang tinggi untuk melunturkan lapisan lilin, karena banyak pasta instan yang di jual di market mengandung lilin.


4. Daging : Pagi - Sore hari. (Selama matahari muncul.)
Fungsi : + Membawa oksigen ke sel tubuh.
              + Mengurangi rasa lelah dan mengembalikan stamina.

Daging yang di maksud adalah daging merah(lebih baik untuk fungsi ini), karena mengandung protein yang sangat tinggi(berfungsi untuk membantu pembentukan enzim), kaya akan vitamin B dan D, Omega 3, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh.
Tentunya daging lain seperti ayam dan ikan juga bagus dengan manfaat yang lainnya ya.
Tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging merah pada malam hari, karena pencernaan menjadi kerja lebih berat karenanya.


5. Pisang : Siang hari.
Fungsi : + Membantu pencernaan.
              + Meredakan sakit Maag.

Pisang menjadi salah 1 buah yang paling banyak di konsumsi kaum pencinta olahraga. Dalam kandungannya yang banyak vitamin dan mineral, pisang hanya mengandung sedikit gula sehingga menjadi makanan favorite olahragawan.
Selain untuk diet, pisang juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membantu pencertaan, meredakan sakit maag, memperbaiki mata, dan lain2.


6. Jeruk : Sesudah makan siang.
Fungsi : + Menyeimbangkan fungsi tubuh.
              + Meningkatkan metabolisme tubuh.
Saking terkenal karena kesegaran dan vitamin C yang tinggi, buah jeruk ini telah di transformasikan menjadi berbagai produk seperti minuman, permen, dan lain-lain. Memang buah yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga immune tubuh agar tetap sehat dan tidak gampang sakit.

7.  Sayuran Sejenis timun-timunan : Malam hari.
Fungsi : + Membersihkan usus.

Semua sayuran sangat baik di makan saat kapan pun. Tapi lebih baik lagi jika dimakan untuk makan malam. Karena proses penyerapan yang mudah dan proses penceraan yang ringan, membuat fungsi kerja pencernaan tubuh menjadi lebih "santai" pada malam hari.
Namun pada sayuran sejenis timun, mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga dapat membawa nutrisi dengan lebih baik, dan juga dengan mudah membersihkan usus.


8. Keju : Malam hari.
Fungsi : + Menenangkan sistem pencernaan tubuh.

Keju terdapat pada sebagian besar makanan western/barat. Disamping kelezatannya yang banyak di sukai banyak orang, keju juga berfungsi untuk menenangkan sistem pencernaan tubuh, sehingga sangat baik di konsumsi pada malam hari.


Demikian 8 jenis makanan yang kami bahas hari ini. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat di waktu yang tepat, tentu saja dapat memaksimalkan fungsi tubuh, menjaganya agar tetap sehat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sangat mudah untuk hidup sehat hanya dengan kembali mengkonsumsi makanan-makanan alami. Jauhi produk kimia dan serba instan, olahraga teratur, dan cukup istirahat. Cara yang sangat sederhana namun efektif yang diajarkan alam dari jaman dulu kala.


Semoga bermanfaat ! :)
 

No comments:

Post a Comment